Home » » Buah Nangka Akan Menjadi Andalan Pangkep

Buah Nangka Akan Menjadi Andalan Pangkep

Posted by Dishub Kominfo Pangkep on 25 April 2014

Salah satu sektor andalan ekonomi masyarakat Pangkep adalah agrobisnis dibidang Pertanian. Dari hasil Pertanian Pangkep ini diunggulkan peningkatan perkebunan melalui jenis buah-buahan, mulai jeruk pomelo sampai dengan buah Nangka, dua buah ini menjadi komoditas andalan Kabupaten Pangkep dalam perkebunan masyarakat.
 
Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Pangkep Ir.Hj.Sriwaty,Msi mengemukakan buah nangka di Kabupaten Pangkep memiliki kualitas yang sangat bagus untuk dikembangkan karena melihat daging buahnya yang memiliki struktur yang tahan lama, lembut dan tidak basah seperti nangka pada umumnya.

Selain itu, buahnya besar-besar dan dagingnya mudah lepas dari biji, rasanya manis dan sangat mudah untuk dicerna karena struktur daging buahnya  yang sangat lembut, dan kedepan  akan menjadikan nangka sebagai pohon induk, agar nantinya bibit nangka terbaik hanya bisa didapatkan di Kabupaten Pangkep.

Hj.Sriwati sangat optimis akan pengembangan tanaman nangka di kabupaten Pangkep, kami akan buatkan proposal untuk komoditas buah nangka, karena pada saat pelaksanaan kontes lomba di Sulawesi Selatan baru-baru ini selain jeruk, nangka juga masuk kategori juara I.

Diharapkan program ini akan mendorong kemajuan ekonomi pangkep, karena pohon nangka yang biasanya hanya dibuat tanaman pekarangan saat ini akan dibuat pengembangan komoditi produksi rumahan hingga bernilai jual tinggi.

Dua kecamatan penghasil Nangka terbaik di Kabupaten Pangkep ada di Kecamatan Ma,rang dan Kecamatan Minasate,ne. Kalau selama ini Kabupaten Pangkep hanya dikenal sebagai penghasil jeruk pomelo berkualitas terbaik di Indonesia dan selalu menjadi juara tingkat propinsi.

Kini Kabupaten Pangkep akan merambah swasembada buah lain yakni buah nangka,target kedepan akan dimasukkan dalam program Desa Mandiri dan buah nangka kabupaten Pangkep akan dimasukkan dalam peta propinsi.(H.Idcham/Kominfo).

SHARE :
CB Blogger
 
Copyright © 2014 Dishub Kominfo Pangkep. All Rights Reserved. Powered by Kominfo Pangkep