Home » » Pangkep Raih Kategori Madya ICT Pura 2013

Pangkep Raih Kategori Madya ICT Pura 2013

Posted by Dishub Kominfo Pangkep on 2 November 2013


Pangkep, Media Center -  Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Tifatul Sembiring memberikan penghargaan Information Communication Technology (ICT) Pura dan AKUSO 2013 di Hotel Grand Senyiur Samarinda, Kamis (31/10) malam.
ICT Pura dan AKUSO 2013 digelar berkaitan selesainya pemeringkatan ICT oleh Ditjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kementerian Kominfo tentang penyelenggaraan pemerintahan berbasis teknologi informasi (e-Government) di semua tingkatan pemerintahan se-Indonesia, dan penilaian pemantaan USO (universal service obligation) tahun 2013.
"Saya mengucapkan selamat kepada para pemenang, betapapun banyak kritikan, namun acara ini harus tetap berjalan, ICT pada tahun 2013 kepentingannya sangat besar dan jangan sampai ketinggalan, bila mengabaikan ICT maka akan ketinggalan jaman," kata Tifatul.
Kementerian Kominfo melalui Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika memberikan penghargaan ICT Pura 2013 kepada kabupaten/kota di Indonesia, yaitu sebuah gerakan yang melibatkan segenap pemangku kepentingan di bidang teknologi, informasi dan komunikasi (TIK) untuk bersama-sama memetakan serta menghitung indeks kesiapan kabupaten dan kota di Indonesia dalam menghadapi era masyarakat digital yang berbasis TIK.
Ada tiga kategori penghargaan ICT Pura, yakni kategori utama, madya dan muda ditambah penghargaan khusus.
Untuk kategori utama diraih oleh Bupati Deli Serdang, Aceh Utara, Banyuwangi, Luwu Timur, Kebumen, Sindereng Rappang, Sukoharjo, Kepulauan Selayar dan Malang.
Kategori madya diraih oleh Bupati Purwakarta, Hasundutan, Batang, Pakpak Barat, Lamongan, Pangkejene dan Kepulauan, Pasuruan, Semarang dan Purbalingga. Dan kategori muda diraih Bupati Luwu Utara, Lamandau, Blitar, Padang Lawas, Asahan, Samosir, Penajam Paser Utara dan Dairi.
Selanjutnya untuk penghargaan khusus diberikan kepada Bupati Banjarnegara, Malinau, Banggai Laut, Penukal Adab Lematang Hilir, Jayapura dan Samarinda.
Kabupaten yang meraih penghargaan dianggap mampu memajukan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di daerahnya. ICT diselenggarakan sebagai bentuk komitmen pemerintah Indonesia memenuhi 10 sasaran World Summit on Information Society (WSIS)2015.
“WSIS 2015 di antaranya menghubungkan seluruh desa dengan TIK, menghubungkan seluruh rumah sakit dan pusat kesehatan dengan TIK, menghubungkan sekolah dasar dan menengah dengan TIK. Dan, memastikan bahwa seluruh populasi di tanah air telah akses televisi dan radio,” ujar Direktur Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Sukri Batubara dalam jumpa persnya, Kamis.
Kabupaten yang meraih penghargaan ini tidak mendapat hadiah berupa dana uang tunai.  “Namun, daerah atau kabupaten yang menerima penghargaan akan mendapat prioritas pusat, membangun infrastruktur TIK. Seperti, ada program 1.300 wifi tahun ini, maka akan dibangun di daerah yang meraih penghargaan,” ujar Sukri.(eru)

SHARE :
CB Blogger
 
Copyright © 2014 Dishub Kominfo Pangkep. All Rights Reserved. Powered by Kominfo Pangkep