Home » » Taman Hutan Rakyat Kabupaten Pangkep Terus Diintensifkan

Taman Hutan Rakyat Kabupaten Pangkep Terus Diintensifkan

Posted by Dishub Kominfo Pangkep on 21 April 2014



Pembangunan taman hutan rakyat (Tahura) di Kelurahan Tonasa Kecamatan Balocci, merupakan kegiatan primadona Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Pangkep.
 
Kegiatan akan dijadikan lokasi wisata baru, melengkapi situs purbakala Sumpang Bitta yang telah ada sebelumnya, apalagi lokasinya tidak terlalu jauh dari kota Pangkep.

Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Pangkep Ir.Surya Darma Anis,MM, di kantornya, Senin (21/4), mengatakan Taman Hutan Rakyat akan ditanami berbagai jenis tanaman buah-buahan serta akan disiapkan berbagai fasilitas pendukung.

Pembangunan taman hutan rakyat yang berlokasi di Tonasa satu mempunyai areal kurang lebih 30 hektare, terdiri dari lahan datar dan gunung. Tonasa dipilih secara teknis karena termasuk dalam kawasan Ekosistem Esensial untuk menjaga dan melestarikan sumber-sumber mata air, flora dan fauna langka serta Kawasan Karts.

Hal ini terkait dengan petunjuk teknis dari Kementerian Kehutanan yang memberi ruang untuk membangun Taman Hutan Rakyat tegasnya.

Disamping itu, diharapkan ke depan dengan adanya Tahura ini, maka akan membantu pemerintah kabupaten untuk menjadikan kawasan ini sebagai kawasan pendidikan, kawasan camping, kawasan olahraga utamanya panjat tebing, gunung, kawasan wisata serta kedepan akan dirancang menjadi sarana pertemuan.

Selain itu ke depan dengan adanya Tahura ini, maka pemerintah kabupaten Pangkep diharapkan dapat menyiapkan sarana jalan, kolam, rumah jaga, pos jaga serta pemugaran dan mushollah. Dana yang dibutuhkan untuk kegiatan tersebut ditaksir mencapai Rp5 miliar.

Untuk itu kegiatan ini pula, kedepannya akan dianggarkan secara berkala pembangunan sarana tersebut dan diperkirakan akan  selesai dan rampung 5 tahun kedepan (H.Idcham )

SHARE :
CB Blogger
 
Copyright © 2014 Dishub Kominfo Pangkep. All Rights Reserved. Powered by Kominfo Pangkep