Home » » Potensi Wisata Bawah Laut Pulau Kapoposan Pangkep

Potensi Wisata Bawah Laut Pulau Kapoposan Pangkep

Posted by Dishub Kominfo Pangkep on 8 Mei 2014


Pulau Kapoposan adalah salah satu dari ratusan pulau kecil di jajaran spermonde Selat Makassar. Pulau yang terletak di Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep), Provinsi Sulawesi Selatan, tersebut memiliki potensi wisata pesona bawah air.
“Sebagai destinasi wisata  bahari andalan di Pangkep, Pulau Kapoposan mempunyai potensi wisata pesona bawah air yang sangat memanjakan mata para pengunjung dan siap untuk dieksplore pulau ini,” kata  Bupati Pangkep H.Syamsuddin A.Hamid.SE, Rabu (7/5).
Topografinya yang sangat mendukung untuk wisata bawah laut, menjadikan pulau Kapoposan sebagai salah satu tempat diving  terbaik di Sulawesi Selatan.
Menurut Bupati H.Syamsuddin A.Hamid, tempat wisata ini telah dilengkapi fasilitas yang cukup lengkap, mulai bungalow dengan tarif yang sangat terjangkau. Untuk penyelam profesional, pulau Kapoposan adalah surga bawah laut, karena menyimpan berbagai eksotisme terumbu karang.
Selain itu, di sekitar pulau Kapoposan terdapat tiga pulau dengan karakteristik pasir putih dengan tidak berpenghuni. Ketiga pulau tersebut, yakni Pulau Suranti, Pulau Pamanggangang, dan Pulau Tambakhulu.
Pada setiap musim libur, pulau ini ramai dikunjungi oleh wisatawan domestik maupun mancanegara. Pulau Kapoposan ini memang sangat indah dan memiliki banyak keistimewaan sebagai objek wisata bahari, dan di tempat ini kelihatan sangat hijau karena ditumbuhi banyak pepohonan.
Aktivitas yang paling menyenangkan yang sering dilakukan oleh pengunjung di pulau ini antara lain menyelam, snorkeling, memancing,  melihat habitat penyu, dan menyaksikan panorama sunset serta sunrise.
Sementara Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya Kabupaten Pangkep Drs.Muh. Suhufi menjelaskan kegiatan yang paling diminati pengunjung di tempat ini adalah menyelam dan snorkeling karena terumbu karang di sekitar pulau ini cukup sehat dan indah.
“Ini dimungkinkan karena kondisi perairan kelihatan sangat jernih dan indah, karena belum tercemar oleh limbah,” katanya (h.idcham)

SHARE :
CB Blogger
 
Copyright © 2014 Dishub Kominfo Pangkep. All Rights Reserved. Powered by Kominfo Pangkep