Home » » Bupati Beber Kunci Atasi Kemiskinan

Bupati Beber Kunci Atasi Kemiskinan

Posted by Dishub Kominfo Pangkep on 30 April 2014

Kabupaten Pangkep menjadi salah satu daerah yang berhasil memenuhi hak dasar kesejahteraan masyarakat ,aspek pendidikan, kesehatan, dan pemberantasaan kemiskinan berhasil diatasi.Atas keberhasilan ini  Bupati Pangkep Syamsuddin A.Hamid mendapatkan kepercayaan, memaparkan program-program andalan dalam membangun daerah di gedung kesenian Jakarta, dihadapan Menteri kesehatan RI, A.Nafsiah Mboi
 
Menurut Bupati Pangkep Syamsuddin A.Hamid mengaku keberhasilan memenuhi hak dasar itu tak lepas dari adanya program andalan desa mandiri. Program ini, katanya, sudah dijalankan sejak 3 tahun silam dan prospek peningkatan kesejahteraanpun kian tinggi

“Pemenuhan hak dasar atas kesehatan dan pendidikan terkait dengan kebijakan nasional tentang program penganggulangan kemiskinan dan perlindungan social dari perspektif daerah kepulauan telah kita gagas dan sejauh ini Alhamdulillah sudah berhasil. Semua tak lepas program andalan kita serta dukungan masyarakat”, katanya.

Syamsuddinpun mengaku sangat bangga dipercaya membagikan ilmu serta pengalamannya memberantas kemiskinan. Diapun menjadi satu-satunya kepala daerah yang diundang memaparkan keberhasilan daerah. Pembuktian lain atas keberhasilan kabupaten Pangkep itu dengan mendapatkan sejumlah penghargaan dari kementrian

“kita sudah jauh berkembang dari daerah lain. Apa yang telah kita lakukan ini menjadi perhatian berbagai pihak untuk menjadikan pangkep sebagai percontohan penanggulangan kemiskinan.  Semua itupun sudah tercapai tetapi tetap akan terus dikembangkan. Utamanya dalam program desa mandiri kita” jelasnya.

Program desa mandiri adalah program andalan Pangkep untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat. Desa yang berhak dikatakan mandiri adalah desa yang betul-betul dikelola secara profesional dan menjadi percontohan desa lainnya.

Saat ini di Pangkep telah ada puluhan desa yang dikatakan menjadi desa mandiri dan tersebar di 13 kecamatan, hal inilah yang membuat Pangkep berhasil maju dari ketinggalan dan memenuhi hak dasar masyarakatnya

Selama ini memang banyak anggaran dari pusat maupun provinsi yang membantu kita untuk keluar dari status daerah tertinggal. Anggaran-anggaran itu  kita implementasikan melalui berbagai program yang menyentuh langsung persoalan masyarakat” tegas Syamsuddin. “Status kita masih tertinggal, tapi upaya perbaikan dan peningkatan itu terlihat menonjol. Terbukti pendapatan perkapita serta pertumbuhan ekonomi kita terus mengalami kenaikan”.

Direktur perlindungan dan kesejahteraan masyarakat Bappenas, Vivi Yulaswati mengakui bahwa Pangkep berhasil bangkit dan patut menjadi percontohan untuk daerah lain. Dia melihat keberhasilan ini terletak dari sosok pemimpinnya yang memiliki ide-ide program yang cemerlang.

“program pro-rakyat yang dihadirkan tentu untuk kemajuan daerah dan pasti didukung rakyatnya. Pangkep salah satu yang berhasil” . katanya  (h.idcham/kominfo) 

SHARE :
CB Blogger
 
Copyright © 2014 Dishub Kominfo Pangkep. All Rights Reserved. Powered by Kominfo Pangkep