Home » » Kapal Perintis Layani Rute Pulau

Kapal Perintis Layani Rute Pulau

Posted by Dishub Kominfo Pangkep on 10 April 2014

Dua pulau terluar Kabupaten Pangkep, Liukang Kalmas dan Liukang Tangaya kini bisa diakses menggunakan kapal ukuran perintis  hasil bantuan dari Kementrian Perhubungan. Kapal perintis ini  akan mengangkut penumpang dari Pangkajene menuju dua pulau terluar tersebut.

Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Drs.H.Effendi Kasmin menjelaskan kapal perintis untuk penumpang dan barang  tersebut sudah diujicobakan di Pangkep.

“Kapal ini sudah diujicoba  sejak bulan Maret. Ukuran kapal ini mencapai 350 dwt dengan daya tampung kurang lebih 90 penumpang dan kapasitas barang bisa mencapai 70 ton tegasnya”

Ditambahkan , kapal perintis ini didesain khusus untuk perairan Pangkep dalam menghadapi gelombang laut antara satu hingga dua meter dengan kondisi perairan yang banyak karang.

“Sesuai perencanaan, akan ada dua kapal perintis yang melayani rute tersebut. Kapal ini juga melalui rute Kecamatan Liukang Tangngaya, Pelabuhan Paotere Makassar, Dermaga Maccini Baji Pangkep, Pulau Balang Lompo, Pulau Balo-Baloang, Pulau Matalaang, Pulau Sapuka, Pulau Sailus, serta Pelabuhan Ba-das/Khayangan Nusa Tenggara Barat (NTB).

Bupati Pangkep Drs.H.Syamsuddin A.Hamid,SE mengatakan keberadaan kapal perintis ini, memudahkan warga pulau, karena masyarakat tidak perlu lagi mengambil pemberangkatan dari Makassar. Cukup datang ke dermaga Maccini Baji, masyarakat sudah bisa kepulau terluar atau ke NTB.

“Selama ini perairan Pangkep hanya dilalui kapal-kapal pengangkut semen dan batu bara. Dengan adanya kapal perintis ini maka masyarakat sudah dapat menikmati pelayaran langsung yang menghubungkan dengan pulau terluar yang ada di Kabupaten Pangkep ungkap Bupati  (H.Idcham Kominfo)


Lihat berita lainnya .... 
                                    Dermaga
                                    - Kapal Penumpang

SHARE :
CB Blogger
 
Copyright © 2014 Dishub Kominfo Pangkep. All Rights Reserved. Powered by Kominfo Pangkep