Home » » Kabupaten Pangkep memperoleh bantuan RKT dan WIM Tahun 2014

Kabupaten Pangkep memperoleh bantuan RKT dan WIM Tahun 2014

Posted by Dishub Kominfo Pangkep on 10 April 2014

Daerah tertinggal  adalah  kabupaten yang masyarakat serta wilayahnya relatif kurang berkembang dibandingkan daerah lain dalam skala nasional. Pembangunan Daerah Tertinggal adalah merupakan upaya terencana dalam rangka mengubah suatu Daerah Tertinggal yang masyarakat dan wilayahnya  mengalami berbagai permasalahan sosial, ekonomi dan keterbatasan fisik infrastruktur menjadi daerah yang maju  dengan masyarakat  yang kualitas hidupnya sama atau tidak jauh  berbeda dibandingkan dengan masyarakat Indonesia lainnya.

Asisten Deputi Bidang Infrastruktur Telekomunikasi Kementrian Pembangunan Daerah Tertinggal Drs.Zainuri,MM mengemukakan salah satu indikator daerah miskin yakni masih rendahnya akses telekomunikasi, dimana terjadi ketimpangan ketersediaan infrastruktur Telekomunikasi di Indonesia, dimana 86 persen infrastruktur Telekomunikasi terdapat dikawasan Barat, khususnya dipulau Jawa,Sumatera dan  Bali. Sementara dikawasan timur Indonesia  (KTI) hanya terdapat 14 persen.

Menurut Zainuri upaya yang dilakukan Kementrian Pembangunan Daerah Tertinggal RI yakni memberikan bantuan sosial dengan maksud mengurangi permasalahan keterbatasan sarana komunikasi dan informasi didaerah tertinggal. Selain itu  mengurangi keterisolasian dan kesenjangan pembangunan infrastruktur informasi dan Telekomunikasi  antara daerah maju dengan daerah tertinggal agar menjadi maju dan setara dengan daerah lainnnya.

Untuk tahun 2014 bantuan sosial akan diberikan kepada 28 Kabupaten Daerah Tertinggal termasuk kabupaten Pangkajene dan Kepulauan akan medapat bantuan sosial berupa Radio Komunikasi Terpadu (RKT) dan Warung Informasi Masyarakat (WIM). Total nilai bantuan sosial keseluruhan untuk Kabupaten Pangkep sebesar kurang lebih 4 milyar rupiah.

Sementara Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Kabupaten Pangkep Drs.H .Effendi Kasmin menjelaskan dengan adanya paket bantuan sosial yang akan diterima  kabupaten Pangkep akan membantu masyarakat yang ada diwilayah terpencil, agar nantinya mereka dapat mengakses informasi dan Telekomunikasi secara cepat.

Selain itu, diharapkan dengan adanya bantuan sosial ini, akan memberikan percepatan keluar dari ketertinggalan terutama didaerah yang berbatasan langsung dengan propinsi NTB, Kalimantan Selatan. Paket bantuan sosial yang akan diterima tersebut nantinya akan ditempatkan di Desa Tampaang, Kecamatan Liukang Tangaya berupa radio komunikasi terpadu (RKT) sedangkan Warung Informasi Masyarakat (WIM) akan ditempatkan didaerah yang mudah terjangkau oleh masyarakat, sehingga pemanfaatannya betul-betul dirasakan oleh masyarakat, pelajar dan wartawan.  (Idcham Latief Kominfo)

SHARE :
CB Blogger
 
Copyright © 2014 Dishub Kominfo Pangkep. All Rights Reserved. Powered by Kominfo Pangkep